Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)
klg

13 Trik Mujarab Jualan Online Agar Laris Manis

Target Jualan Online Agar Laris ManisHOME KEYWORD - Anda punya toko online?...... Apakah produk-produk Anda laris manis di ranah maya? Kalau belum, artinya Anda belum maksimal memasarkan produk-produk Anda secara online.

Apalagi saat ini semakin banyak saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai mencoba tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko online Anda. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset penjualan Anda akan meningkat drastis.


1. Social Network
Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.

Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib, hanya cukup dengan sekali klik saja, Anda bisa mengirimkan promo-promo Anda ke semua orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Ini artinya Anda menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen. Selain itu juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook ataupun di website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan memudahkan produk Anda dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.

Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda.

2. Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga.

3. Direktori Bisnis Online
Ketika Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual.

4. Location Based Service (LBS)
Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.

Tariklah pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu.

5. Video Streaming
Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda. Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.

6. Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.

7. Harga
Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.

8. User Friendly
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.

9. Percantik Desain Visual
Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.

Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan membutuhkan waktu, sedangkan para calon konsumen Anda bisa saja sibuk dan ingin cepat-cepat membeli apa yang mereka butuhkan saat itu juga.

10. Resolusi
Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja.

Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.

11. Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. Bisa Anda bayangkan ketika Anda memasang produk dengan animasi-animasi Flash di dalamnya untuk mempercantik. Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash, maka animasi ini tak akan muncul, justru akan membuat ruang kosong saja nantinya.

Tentu saja animasi AJAX yang ditampilkan ini tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih ringan dan cepat diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Mereka akan datang lagi dan datang lagi. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko online Anda.

12. Tipografi
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna.

Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda. Misalkan Anda menjual produk-produk untuk para wanita, maka akan cocok bila Anda gunakan huruf yang luwes dan terkesan feminin.

13. Percantik Katalog
Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.

Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga mata akan betah untuk berlama-lama menatapnya.

Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran.

2 komentar:

ANGKA RITUAL mengatakan...

PREDEKSI-SGP-KAMIS:28-11-2013
2D.(01.05.25)
3D.(320.305.350)
4D.(2105.1305.1250)
JIKA ANDA MAU DAPAT NOMER JITU 3 LUBANG LANSUNG JP DALAM 3 KALI PUTARANG KLIK ASLI.http://master-togeljitu.blogspot.com/ ATAU HUB:0852-9838-5337




PREDEKSI-SGP-KAMIS:28-11-2013
2D.(01.05.25)
3D.(320.305.350)
4D.(2105.1305.1250)
JIKA ANDA MAU DAPAT NOMER JITU 3 LUBANG LANSUNG JP DALAM 3 KALI PUTARANG KLIK ASLI.http://master-togeljitu.blogspot.com/ ATAU HUB:0852-9838-5337




PREDEKSI-SGP-KAMIS:28-11-2013
2D.(01.05.25)
3D.(320.305.350)
4D.(2105.1305.1250)
JIKA ANDA MAU DAPAT NOMER JITU 3 LUBANG LANSUNG JP DALAM 3 KALI PUTARANG KLIK ASLI.http://master-togeljitu.blogspot.com/ ATAU HUB:0852-9838-5337

Unknown mengatakan...

* Bonus New Member 10% ( Minimal Deposit Rp. 50.000 )
* Bonus Rollingan 0.5% ( Di Bagikan Setiap Hari Senin )
* Bonus Refferal 20% ( Seumur Hidup )
* Minimal Deposit Rp. 20.000
* Minimal Withdraw Rp. 20.000

Link Alternatif MsnPoker

* http://www.msnpoker.org

Posting Komentar