Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Cara Menghapus Link URL Yang Error

Page not found atau error 404 merupakan kondisi dimana link URL yang dicari tidak ketemu. Hal itu bisa terjadi jikalau kita menghapus alamat URLnya ataupun mengganti permalink yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, halaman dari blog hanya akan memunculkan peringatan page not found saja.

Dan bagi yang menggunakan mesin wordpress, dimana permalink menjadi alternatif untuk mengganti URl yang tidak search engine friendly, apabila kita mengubah permalink maka secara otomatis link-link URL blog kita akan berubah. Hal itu akan berimbas pada search engine yang sudah mengindex blog, akan mengarah kepada link-link yang mati, yang akan memunculkan error 404.
Ada tips-tips yang bisa digunakan untuk mencegah error 404 dari link yang berubah, berikut diantaranya :
  1. remove tool googleTips yang pertama, menghapus secara permanent URL yang sudah terindex oleh mesin pencari, dalam hal ini google karena saat ini google masih menjadi primadona search engine. Sehingga untuk menghapus URL yang sudah terindex google bisa menggunakan Google URL remove tool. Tentu untuk bisa menggunakan google remove tool harus login terlebih dahulu ke alamat gmail.
  2. Tips yang kedua, apabila blog bermesin wordpress, bisa menggunakan plugin pengalih URL seperti permalinks moved permanently. Dengan plugin dari wordpress yang satu ini, perubahan permalink yang dilakukan oleh wordpress akan diarahkan menuju alamat yang identik dengan tulisan yang terkait. Sehingga tidak memunculkan lagi pesan error 404 atau page not found.
Lalu apa pentingnya kita menghapus link yang mati atau error tersebut ?!?
Semakin banyak link yang error akan memperburuk citra blog. Sehingga akan mematikan teknik-teknik SEO yang sudah dibangun oleh ulah link yang mati atau error tersebut. Hal itu menjadikan pengunjung yang datang melalui search engine akan menemukan error 404.

Setidaknya tips ini mengurangi bahkan menghilangkan dampak dari page not found yang dikarenakan error 404 dimana alamat URL tidak tersedia. Dengan begitu, citra yang sudah lama dibangun, terlebih lagi indexing yang sudah teroptimalisasi baik melalui google maupun yang lainnya tidak hancur gara-gara ulah error 404 ini.